kali ini aku akan membagikan experience (pengalaman) ku saat melakukan pembatalan tiket kereta api.
![]() |
Stasiun Pocol semarang |
kereta api memang terkenal sebagi salah satu alat transportasi yang murah di indonesia. saat ini kereta api sudah sangat baik pelayanannya dalam memberikan kepuasan kepada para konsumen. dari segi pelayanan para karyawan dan fasilitas didalam kereta maupun di stasiun sudah sangat membuat para konsumen nyaman.
nah karena faktor pelayanan yang sangat baik tersebut, masyarakat indonesia banyak yang memilih kereta api sebagai alat transportasi darat jarak dekat maupun jarak jauh. sehingga jika kita ingin membeli tiket kereta kita harus memesan tiket tersebut jauh sebelum hari keberangkatan. jika tidak, maka dikhawatirkan kita kehabisan tiket terutama kereta jarak jauh.
pada umumnya masyarakat akan memesan tiket tersebut 1 bulan sampai 1 minggu sebelum hari keberangkatan. namun pihak kereta api indonesia sudah membuka pemesanan tiket 90 hari sebelum keberangkatan, jadi jika kita memesan tiket jauh-jauh hari kita tidak perlu khawatir kehabisan tiket.
namun bagaimana jika kita sudah memesan tiket tapi kita tidak jadi berangkat dikarenakan suatu sebab..??? tidak perlu khawatir karena kita bisa membatalkan tiket kita tersebut dengan ketentuan maksimal 30 menit sebelum tiket berangkat dan pembatalan tiket akakn dikenakan potongan 25% dari harga tiket yang sudah kita beli. apa saja sih syarat dan cara membatalkan tiket kereta.,??
syarat membatalkan tiket kereta :
1. tiket yg sudah kita beli. (jika kita beli tiket lewat online maka cukup dg kode booking )
2. fotocopy KTP (jika terdapat lebih dari 1 tiket didalam 1 pemesanan, cukup 1 fotocopy dari salah satu nama yang ada didalam tiket tersebut)
![]() |
service center |
cara melakukan pembatalan tiket :
- pergi ke stasiun kereta yang melayani pembatalan tiket. disini
- masuk ke service center dan berikan tiket yang sudah kita beli/kode booking kepada petugas .
- lalu kita akan diberikan formulir warna merah.
- setelah itu kita disuruh mengisi formulir tersebut di meja depan loket dan jgn lupa untuk mengambil nomor antrian untuk loket pemesanan/pembatalan "tombol warna hijau".
-setelah formulir diisi maka kita harus menunggu sampai nomor antrian kita dipanggil.
-setelah nomor kita dipanggil petugas loket akan memproses formulir pembatalan.
-anda akan diberi kartu bukti pembatalan tiket.
![]() |
meja untuk mengisi formulir |
![]() |
formulir pembatalan tiket |
![]() |
loket pembatalan tiket |
setelah anda mendapatkan kartu bukti pembatalan tiket anda harus memnyimpannya, digunakan sebagai bukti ketika anda mengambil uang di stasiun.
nah sangat mudah kan ??? jadi tidak usah khawatir uang anda akan hangus semua.
0 komentar:
Posting Komentar